Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Cara Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital!

     Daftar Lengkap Cara Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital!

    Informasi terkait daftar lengkap cara transfer uang ke berbagai dompet digital sangat dibutuhkan, mengingat saat ini teknologi yang berhubungan dengan keuangan telah berkembang pesat. Anda tidak perlu khawatir, langkah berikut ini cukup mudah dilakukan secara mandiri melalui ponsel.

    Apabila Anda tertarik mengetahui daftar lengkap cara transfer uang ke berbagai dompet digital, mari simak bersama penjelasan lebih lanjut berikut ini!


    Berikut Daftar Lengkap Cara Transfer Uang Ke Berbagai Dompet Digital!

    Informasi daftar lengkap cara transfer uang ke berbagai dompet digital ini akan menyajikan info cara bertransaksi melalui enam produk dompet digital yang sering dijumpai saat ini, mari simak kelanjutannya agar semakin menambah pemahaman Anda!

    Cara Transfer Uang Ke Sesama Dompet Digital

    1.  Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via GoPay


    Cara transfer uang ke dompet digital yang pertama yaitu via GoPay, Anda perlu memiliki saldo yang cukup sebelum melakukan transaksi. Kemudian telah mengunduh aplikasi Gojek, dan upayakan ponsel telah terhubung ke sambungan internet.

    Pada penjelasan kali ini, akan dibahas bagaimana mengirim uang dari Gopay ke OVO. Langkah pertama, Anda buka aplikasi Gojek terlebih dahulu, pastikan telah log in akun yang dimiliki. Kemudian buka opsi Lainnya, dan klik opsi menu Tarik.

    Berikutnya, Anda pilih Tambahkan Bank Lain, masukkan Nationalnobu pada kolom bank. Setelah itu saat akan mengetik nomor hp yang digunakan untuk akun OVO, tambahkan angka 9 sebelum nomor hp tersebut.

    Kemudian klik opsi menu Simpan. Beralih ke laman berikutnya, masukkan jumlah nominal dan pilih opsi Bank Nobu, klik Tarik.

    Cek kembali angka nominal sekaligus nama bank, apabila sudah dirasa benar, klik Konfirmasi. Masukkan pin akun Gojek milik Anda, dan tunggu beberapa saat untuk memproses transaksi.

    Jika saldo GoPay telah berkurang, artinya transaksi telah berhasil. Untuk biaya administrasi, saldo akan terpotong otomatis sebesar Rp2.500;.

    Dilansir dari situs resmi Gojek, untuk transfer dari Gopay ke dompet digital lain dapat diproses melalui nomor VA (Virtual Account). Transaksi ke OVO dapat melalui Nobu VA, dan BNI VA.

    Transaksi dari Gopay ke LinkAja dapat langsung melalui aplikasi LinkAja atau TCASH VA dengan memasukkan kode 513 yang diikuti nomor akun GoPay tujuan. 

    Sedangkan untuk dompet digital Dana terdapat beberapa opsi pilihan bank, agar tidak membingungkan, Anda dapat memasukkan kode Bank CIMB Niaga 8059 diikuti nomor akun Dana. Untuk mengirim uang ke ShopeePay, Anda perlu membuat virtual account terlebih dahulu.

    Jadi saat akan menambahkan nomor rekening baru pada aplikasi Gojek, Anda dapat memilih Bank Mandiri dan masukkan nomor VA yang telah dibuat.


    2. Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via Dana



    Untuk cara transfer menggunakan dompet digital yang kedua ini, Anda dapat mengunduh aplikasi Dana terlebih dulu. Kemudian jika belum mempunyai akun, buat akun Dana dan jika sudah langsung saja log in dengan nomor hp yang digunakan.

    Sebelum melakukan transaksi, lakukan upgrade akun Dana dahulu menjadi akun premium, persiapkan foto yang diminta oleh aplikasi.

    Jika Anda ingin melakukan transaksi ke akun GoPay, langsung saja klik opsi Kirim. Setelah itu klik lagi Kirim ke Akun Bank, klik opsi Kirim ke Rekening Bank. Isikan nama Bank Permata, masukkan kode 898 yang diikuti nomor ponsel pemilik akun. Pemberian nama alias, dapat Anda namai dengan GoPay.

    Usai menekan tombol opsi Tambah Bank Baru, ketikkan nominal uang yang akan Anda kirimkan. Klik Lanjut, kemudian Kirim Dana, konfirmasi terlebih dulu dan terakhir masukkan pin milik Anda. Tunggu beberapa saat hingga transaksi selesai, dan muncul informasi transaksi yang telah dilakukan.

    Langkah-langkah tersebut dapat digunakan juga untuk melakukan transfer ke dompet digital lain, asalkan Anda mengetahui nama bank VA beserta kodenya jika ada. Untuk transfer ke OVO, masukkan nama Bank Nobu dan kodenya 9 diikuti nomor ponsel akun OVO.

    Jika ingin melakukan transfer ke iSaku, pilih Bank INA Perdana dengan kode 77777 diikuti nomor ponsel yang didaftarkan pada iSaku. Ada juga referensi lain yang menuliskan transaksi Dana ke iSaku dengan memasukkan nama Bank CIMB Niaga dengan kode 7939 diikuti nomor hp, dan Bank BRI dengan kode 77778 yang diikuti nomor hp akun iSaku.

    Apabila tertarik untuk melakukan transaksi ke Jenius, Anda dapat mengisikan nama BTPN pada kolom nama bank dan masukkan nomor rekening aplikasi Jenius. Transfer ke ShopeePay dapat mencantumkan nama Bank Mandiri dengan kode 893 yang diikuti dengan nomor akun Shopee Anda.

    Sedangkan transaksi ke LinkAja, isi nama bank dengan LinkAja atau TCASH kemudian masukkan kode 911 yang diikuti dengan nomor ponsel Anda yang terdaftar pada LinkAja.

    3. Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via OVO


    Cara transfer uang menggunakan OVO cukup mudah, pastikan telah mengunduh aplikasi OVO dan akun sudah diupgrade. Langkah pertama yang perlu dilakukan, silakan buka aplikasi OVO, kemudian klik menu Transfer. Jika ingin transfer ke GoPay, masukkan kode 2849 diikuti nomor telepon akun Gojek.

    Berikutnya, isikan nominal yang akan dikirim. Setelah informasi telah terisi dengan benar, klik tombol Transfer, kemudian masukkan pin OVO milik Anda. Tunggu sampai transaksi yang dilakukan telah berhasil.

    Langkah yang dilakukan jika ingin transfer ke dompet digital lain pun sama, perbedaannya terletak pada nama bank dan kode akun. Jika akan melakukan transfer ke Dana, gunakan kode 8059 diikuti nomor hp tujuan yang telah terdaftar.

    Selanjutnya, apabila transfer ke iSaku, buka aplikasi iSaku terlebih dahulu untuk menyalin kode transfer via Bank INA Perdana. Lalu buka aplikasi OVO, pilih opsi Transfer, hingga pada bagian pengisian bank, isi kembali dengan Bank INA Perdana.

    Masukkan kode yang telah disalin dan isi nominal yang akan dikirimkan, tahap berikutnya klik opsi Lanjutkan.

    Untuk melakukan transfer ke ShopeePay, pilih nama Bank Mandiri, kemudian masukkan nomor VA yang ada di akun Shopee Anda. Berbeda dengan transfer ke Jenius, Anda cukup memilih Bank BTPN dan mengisi nomor rekening Jenius. Sedangkan untuk transfer ke LinkAja, pilih opsi Bank BRI dan masukkan kode 91188 diikuti nomor hp akun LinkAja. 


    4.  Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via ShopeePay

    Sebelum melakukan transfer, Anda perlu mengunduh aplikasi Shopee dulu dan log in. Setelah itu, cari pada bar pencarian Top Up Saldo E-Wallet atau dengan kata Top Up Saldo Apa Aja. Akan muncul berbagai varian produk, Anda dapat memilih salah satu produk dengan ulasan yang terbaik.

    Pahami deskripsi produk, dan tanyakan pada penjual apakah dapat melakukan isi saldo ke e-wallet lain, jika bisa lakukan pemesanan dan bayar menggunakan ShopeePay. Jika melakukan transaksi ke akun Dana, pilih opsi Transfer dan Penarikan ke Rekening Bank, masukkan kode 8059 dan nomor akun Dana.

    Apabila Anda tertarik melakukan transaksi dari ShopeePay ke LinkAja, terdapat dua cara yang bisa dipilih salah satu. Pertama, melalui bantuan aplikasi Livin by Mandiri; dan kedua memanfaatkan adanya jasa tukar pulsa.

    Cara pertama, pada menu ShopeePay pilih opsi Tarik dana, Anda pilih opsi Bank Mandiri, dan masukkan jumlah nominalnya. Setelah melakukan konfirmasi data masukkan pin ShopeePay, dan tunggu beberapa saat untuk melanjutkan transaksi.

    Setelah saldo masuk, buka aplikasi atau log in pada Livin by Mandiri, pilih menu Top Up LinkAja, dan masukkan nomor ponsel yang digunakan. Isikan nominal transfer dan tekan Konfirmasi. Setelah itu, masukkan MPIN Mandiri online milik Anda, dan dana tadi telah sampai pada akun tujuan.

    Untuk opsi cara kedua, cari situs convert saldo ShopeePay, dan pilih ahlipulsa.com. Lakukan log in dan masuk ke laman utama, pilih menu LinkAja. Kemudian masukkan nomor ponsel LinkAja dan masukkan nominal top up, selain itu cek juga harga jasanya.

    Masuk ke pembayaran, pilih opsi ShopeePay, dan buat pesanan. Jangan lupa mengecek total pembayaran keseluruhan, dan screenshot kode QR yang diperoleh. Berikutnya, buka akun ShopeePay dan scan QR code tadi, setelah konfirmasi data klik Bayar Sekarang dan masukkan pin ShopeePay Anda. 


    5. Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via Jenius


    Apabila Anda akan melakukan transfer dari Jenius, coba langkah berikut ini. Masuk ke aplikasi Jenius dan klik menu yang terletak di kiri atas, kemudian pilih opsi e-Wallet Center, lalu klik opsi Top Up. Maka akan muncul beberapa produk dompet digital, seperti Gopay, Dana, LinkAja, dan OVO. Pilih salah satu dompet digital tersebut.

    Masukkan nomor akun dompet digital tujuan, centang opsi simpan ke daftar e-wallet apabila Anda ingin menyimpan nomor akun tersebut, kemudian klik Simpan. Masukkan jumlah nominal yang akan Anda kirimkan, setelah itu klik Lanjut dan cek kembali apakah data yang dimasukkan sudah betul. Apabila sudah benar, klik Top Up dan masukkan password akun Jenius Anda, lalu tekan Submit


    6. Transfer Uang ke Berbagai Dompet Digital Via LinkAja



    Unduh dan masuk ke aplikasi LinkAja, kemudian pilih opsi Kirim Uang. Pilih bank tujuan, masukkan nomor rekening tujuan, dan masukkan nominal yang akan dikirimkan kemudian klik centang. Jika informasi transaksi sudah sesuai, klik Konfirmasi. Terakhir, masukkan pin Anda lalu tunggu sampai transaksi LinkAja sudah selesai.

    Untuk nama bank akun OVO, pilih Bank Nobu, lalu masukkan angka kode 9 diikuti nomor HP. Jika transfer ke akun Gopay, pilih Bank Permata dengan kode 898 dan diikuti nomor ponsel. Sedangkan untuk ke akun Dana, pilih Bank CIMB Niaga dengan memasukkan kode 8059 yang diikuti nomor ponsel.

    Ketika ingin melakukan transfer ke akun ShopeePay, pilih Bank BRI, lalu masukkan kode 112 yang diikuti dengan nomor akun ShopeePay Anda. Terakhir, apabila ingin mengirim ke akun Jenius, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Flip.


    Cara Transfer Uang ke Dompet Digital Menggunakan Mobile Banking

    Perlu Anda catat terlebih dahulu bahwa tidak semua mobile banking menyediakan layanan transaksi ke seluruh dompet digital. Anda perlu melakukan pengecekan dompet digital apa saja yang tersedia, transaksi minimal dan maksimal, serta biaya transaksinya.

    Salah satu contoh pada penjelasan kali ini, yaitu menggunakan BRI Mobile Banking untuk transfer ke GoPay. Ingat, sebelum melakukan transaksi, ponsel Anda telah terhubung ke internet. Langkah pertama, buka aplikasi BRImo dan lakukan log in. Kemudian, carilah menu Dompet Digital.

    Klik tombol Top Up Baru. Klik lagi menu Pilih Dompet Digital, Anda akan menemukan tampilan beberapa produk dompet digital, seperti GoPay, LinkAja, OVO, ShopeePay, dan Dana. Tekan opsi GoPay, kemudian pada opsi jenis GoPay, Anda dapat memilih Customer atau Driver.

    Setelah itu, masukkan nomor ponsel yang digunakan untuk akun GoPay dan klik Lanjutkan. Masukkan jumlah uang yang akan dikirimkan, kemudian klik Top Up. Setelah muncul informasi transaksi untuk dicek kembali, Anda dapat mengklik Top Up lagi apabila jumlah transaksi sudah benar.

    Terakhir, masukkan pin akun BRImo, setelah itu apabila transaksi telah berhasil dilakukan maka akan muncul bukti transfer yang telah dilakukan.

    Untuk biaya transaksi, setiap bank akan memberikan besaran yang berbeda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena jumlahnya tidak terlalu besar, berkisar dari angka minimal Rp1.000; atau Rp1.500; tergantung dengan kebijakan masing-masing bank penyedia mobile banking.  


    Cara Transfer Uang ke Dompet Digital Secara Langsung

    Pengiriman uang ke dompet digital secara langsung hanya dapat dilakukan pada beberapa dompet digital saja, diantaranya GoPay, OVO, Paypal,  iSaku, dan Dana.

    Untuk mengirim uang ke GoPay, dan OVO, Anda dapat memanfaatkan adanya driver online yang berafiliasi dengan Gojek, dan Grab. Sampaikan apabila Anda ingin melakukan top up GoPay, atau OVO kepada driver.

    Anda dapat melakukan top up saldo untuk akun GoPay, atau OVO sendiri maupun orang lain, dan pembayaran dapat dilakukan langsung. Adapun cara transfer langsung dapat dilakukan melalui minimarket tertentu, seperti Alfamart dan Indomaret untuk dompet digital GoPay, OVO, dan iSaku.

    Sebelum melakukan transaksi di minimarket, Anda perlu menanyakan terlebih dahulu apakah minimarket tersebut menyediakan layanan transfer ke dompet digital.

    Sedangkan untuk melakukan transaksi dengan dompet digital Dana, Anda dapat melakukan isi ulang saldo pribadi maupun orang lain melalui kantor Pegadaian yang memberikan layanan tersebut.

    Ada juga cara transfer yang cukup mudah yakni dengan memanfaatkan QR Code, Anda dapat melakukan scan pada tempat tertentu yang menyediakan barcode untuk bertransaksi.

    Bisa jadi dalam bentuk selembar kertas, maupun secara langsung pada ponsel pemilik dompet digital yang akan melakukan transfer dengan Anda.

    Hal yang cukup perlu diingat, ketika melakukan transaksi secara langsung atau offline, Anda akan dikenai biaya yang berbeda-beda tergantung tempat penyedia layanan.

    Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satu contohnya jumlah minimal transfer.

    Sehingga, akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan dana yang akan dikirimkan ke dompet digital pribadi maupun milik orang lain.

    Sebagai catatan akhir, jumlah uang yang Anda transfer masih belum termasuk biaya admin, dan biaya admin masing-masing dompet digital berbeda-beda. Sebelum melakukan transaksi ada baiknya jika mengecek ulang informasi biaya administrasi dompet digital yang terbaru.

    Itulah penjelasan terkait daftar lengkap cara transfer uang ke berbagai dompet digital yang dapat Anda coba secara mandiri dengan menggunakan ponsel pintar, ataupun bertransaksi secara langsung. Semoga dapat membantu memudahkan Anda dalam melakukan transaksi, semoga bermanfaat!