Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Visitor Dari Luar Negeri Bagaimana Caranya?

    Visitor Dari Luar Negeri

    seconds.id, Visitor dari luar negeri bagaimana caranya? tentu saja siapa yang tidak ingin mendapatkannya. Dengan adanya visitor dari luar negeri tentu akan mendapatkan hasil yang tinggi dan blog atau web kita akan semakin berkembang. Berbagai pengaturan yang harus kita kerjakan agar semua ini terwujud. Mulai dari:

    Cara Meningkatkan Visitor Blog Luar Negeri

    1. Menggunakan domain TLD (TopLevel Domain)

    2. Mendapatkan Alamat IP yang terletak dinegara yang di targetkan

    3. Membuat konten ataru artikel berbahasa yang sesuai dengan negara yang ditargetkan 

    Mendapatkan dan meningkatkan visitor blog dari luar negeri menjadi pilihan yang sering dilakukan oleh para blogger apalagi bagi para blogger yang menggunakannya sebagai internet marketer dikarenakan memiliki keuntungan yang jauh lebih baik.

    Eits, tunggu dulu pasti para blogger tentu akan mendapat sedikit hambatan ketika kita harus membuat konten-konten kita dengna mengunakan bahasa Inggris atau berbagai macam bahasa yang ada di dunia. Tentu saja akan membuat kita stress dan akan menurunkan semangat kita untuk terus mengembangkan blog atau website kita.

    Berikut ini kami akan membahasa tentang bagaimana cara membuat blog dengan multi bahasa sehingga para blogger akan mendapatkan visitor dari luar negeri biarpun konten-kontennya menggunakan Bahasa Indonesia yang sehari-hari kita gunakan. Tanpa perlu merubah atau mengganti secara manual, yang tentu saja akan membuat kita stres dan menurunkan semangat juang kita untuk terus berkarya.

    Apa sih yang akan kita gunakan agar mendaptkan itu semua?

    HREFLANG TAG bisa menjawab semua yang ada dibenak para blogger. Lalu apa sih Hreflang Tag dan apa fungsinya? mari kita bahas secara seksama dan semoga akan membantu teman-teman semua untuk terus berkarya.

    Hreflang ialah sebuah atribut HTML yang diigunakan untuk menargetkan bahasa dari wilayah geografis atau negara pada sebuah website. Jika teman-teman memiliki banyak versi pada halaman yang sama pada bahasa yang berbeda-beda, teman-teman dapat menggunakan hreflang tag untuk memberi tahu mesin pencari seperti Google tentang berbagai variasi tersebut.

    Bagaimana cara menggunakan Hreflang Tag?

    Google support dalam sebuah pemaparannya menyebutkan ada tiga implementasi hreflang tag. Sebagai pengguna, teman-teman hanya dapat memilih salah satu diantaranya.

    • Sebagai link HTML di header halaman

    Didalam bahasa pemrograman diharuskan untuk mengikuti two letter code dari ISO 639-1 saat menulisnya di tag. Contohnya, en (Inggris), es (Spanyol) atau id (Indonesia). Jika  teman-teman hanya menerjemahkan halaman di negara yang sama, tentu saja tidak diperlukan penulisan kode negara. Tetapi, jika teman-teman menggunakan kode negara, penulisannya harus mengikuti format ISO 3166-1 Alpha 2.

    Pada saat menuliskan hreflang tag, utamakan selalu tempatkan kode bahasa terlebih dahulu, lalu diikuiti oleh kode negara. Misalnya, en-id, es-us. Contohnya, jika webmaster sebuah website ingin menunjukkan home page kepada pengguna berbahasa Inggris dan Thailand di Indonesia, maka bisa menggunakan tag sebaga berikut:

    " <link rel=”alternate”href=https://www.example.com”hreflang=id-en”/> "

    <link rel=”alternate”href=https://www.example.com”hreflang=id-th”/> "

    Gunakan tag ini dan pastekan dibawah kode <head> didalam template blog

    Header HTTP harus selalu digunakan untuk mengimplementasikan hreflang tag untuk konten PDF dan non HTML di website teman-teman. Terlepas dari apapun namanya, ini tidak ada hubungannya dengan tag HTML <head> atau <header> pada halaman, tetapi diatur di backend website.

    Plugin SEO terpopuler di WordPress, yaitu Yoast menilai penggunaan header HTTP yang terlalu banyak berpotensi mengganggu user experience saat berselancar di website Anda.

    • Digunakan pada XML peta situs

    Hreflang tag juga dapat ditempatkan di XML peta situs.

    Penting tidak hreflang terhadap SEO?

    Ketima Teman-teman menghabiskan banyak waktu untuk menerjemahkan konten-kenten teman-teman ke dalam berbagai bahasa, kemudian ingin mesin pencari menampilkan versi dari setiap pengunjung. Maka sangat tepat untuk menggunakan hreflang.

    Dengan tersedianya bahasa asli dari pengunjung, akan mendorong pengunjung untuk menjelajahi halaman website teman-temn lebih jauh lagi. Hal ini akan berdampak pada penurunan bounce rate, waktu tayang halaman yang tinggi, dan semua hal baik lainnya yang dapat berpengaruh pada SEO.

    Satu alasan lain mengapa penggunaan hreflang menjadi begitu penting. Untuk duplikasi konten. Ibaratnya, Teman-teman memiliki dua versi halaman yang berbeda. Satu menargetkan pembaca bahasa Inggris dengan aksen British, dan satunya lagi menargetkan pembaca Bahasa Inggris menggunakan ejaan Amerika. Kedua halaman yang hampir identik ini dapat dilihat Google sebagai konten duplikat dan memilih satu versi untuk diindeks.

    Dengan menggunakan hreflang tag, Teman-teman dapat menargetkan website sesuai dengan wilyah dan bahasa yang digunakan oleh pengguna. Dengan ini mesin pencari akan mempertimbangkan hasil pencarian menyesuaikan dengan bahasa dan regional dari pengguna. Tentu saja akan meingkatkan visitor dari luar negeri yang akan berdampak positif pada blog atau website teman-teman.

    Dengan menamplkan informasi sesuai dengan wilayah dan bahasa yang mereka miliki akan mempermudah mereka untuk memperoleh informasi yang tepat dan sesuai dengan yang mereka inginkan.

    Hreflang tag sangat penting untuk penargetan luar negeri atau internasional. Jika website teman-teman memiliki penargetan luar negeri atau internasional, teman-teman dapat menempatkan hreflang tag di website. Cara pengimplementasian hreflang juga sangat mudah, seperti langkah-langkah diatas.

    Baca Juga: