Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogger.com Adalah Situs Untuk Membuat? Temukan Jawabannya

    Blogger.com Adalah Situs Untuk Membuat? Temukan Jawabannya

    Blogger.com adalah situs untuk membuat? - Kalian pasti sudah sering mendengar blogger ataupun blogspot. Namun taukah kalian apa itu blogger? Dan apa kelebihan blogger dibandingkan plafrom lainnya? Lalu blogger digunakan untuk membuat website jenis apa saja?

    Pada artikel ini kami akan menjawab semua pertanyaan diatas. Untuk lebih jelasnya simak artikel terkait blogger yang bisa kami berikan berikut ini.

    Apa Itu Blogger?

    Blogger.com Adalah Situs Untuk Membuat? Temukan Jawabannya

    Blogger merupakan salah satu layanan dari Google yang digunakan untuk membuat sebuah website. Platfrom ini merupakan layanan gratis dari Google, sehingga kalian bisa menggunakan platfrom ini tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

    Syarat untuk menggunakan layanan ini juga mudah, kalian cukup membuat gmail sebagaimana layanan Goggle lainnya. Dan dengan satu akun Google kalian bisa membuat hingga 100 blog diplatfrom ini.

    Untuk membuat gmail kalian bisa membaca "". Dan untuk membedakan antara gmail pribadi dengan bisnis, kalian bisa membaca "".

    Bagaimana Blogger Diciptakan?

    Pada awalnya blogger ini diciptakan dan dikembangkan oleh Pyra Labs ditanggal 23 Agustus 1999. Platfrom ini merupakan platfrom pertama didunia yang dapat mempublikasikan web berbasis blog. Platfrom yang dikenal dengan blogspot ini juga yang berperan mempopulerkan web berbasis blog dan juga portal berita.

    Melihat potensi yang ada pada blogspot ini, pada Februari 2003, Payra Labs yang merupakan penbuat dari blogger, diakuisisi oleh Google LCC. Layanan premium pada masa Payra Labs dibuka secara gratis oleh Google. Dimasa kejayaannya, Evan Williams yang merupakan pendiri Pyra Labs mengundurkan diri dari Google LLC di bulan Oktober 2004.

    Blogger kemudian berkembang, ditanggal 9 Mei 2004 blogspot ini mulai didesain ulang hingga menambahan fitur hingga seusia dengan standar web pada umumnya dimasa itu.

    Kejayaan blogger mulai terlihat pada tahun 2007, dimana saat itu pengunjung unik dari platfrom ini membawa pada peringkat 17 dari 50 domain yang banyak dikunjungi.

    Di tanggal 24 Februari 2015, Google sebagai pemilik blogger mengumumkan peraturan baru, dimana para pengguna blogspot ini tidak diperbolehkan memposting konten seksual, pornografi dan yang sejenisnya. Kecual aksi telanjang ini memberikan manfaat publik, seperti seni artistik, dokumenter atapun pendidikan.

    Namun banyak penolakan saat itu, sehingga pada 28 Februari 2015, Google memperbaharui kebijakannya. Para konten kreator diperbolehkan mempublis konten seksual dengan catatan menandai bahwa konten tersebut untuk usia dewasa.

    Blogger.com Adalah Situs Untuk Membuat? Temukan Jawabannya

    Apa Saja Fitur Unggulan Dari Blogger?

    Setiap Platfrom pasti tidak lepas dari fitur yang disediakan, termasuk Blogger sendiri. Berikut beberapa fitur yang menjadi andalan diplatfrom ini.

    Desain Templat

    Pada fitur ini, kalian bebas mendesain templat kalian. Mulai dari mengatur tata letak sampai menambah widget. Selain itu, bagi kalian yang paham tentang bahasa xml dan html, kalian bisa mendesai templat kalian dari nol hingga menjadi templat yang utuh.

    Widget

    Widget merupakan aksesoris tambahan yang bisa kalian gunakan pada situs blogspot. Pada fitur ini kalian bisa memilih widget apa yang dibutuhkan, seperti labe, tab kategori, dan lainnya. Bahkan kalian bisa membuat widget dengan widget html.

    Tab Pendapatan

    Konten kreator pasti mengharapkan pendapatan dari kontennya bukan? Pada blogger ini, kalian bisa memantau pendapatan dari Adsense.

    Tab Statistik

    Fitur ini membantu kalian memantau pergerakan serta sumber trafik, sehingga kalian tau dari mana saja pengunjung datang. Sehingga kalian bisa memaksimalkan sumber trafik ini.

    Membuat Konten Melalui Smartphone

    Fitur yang lainnya yang bisa membantu kalian dalam membuat konten adalah aplikasi pada playstore. Dengan aplikasi blogger ini, kalian bisa membuat konten langsung dari smartphone. Bahkan kalian bisa langsung mengunjungi situsnya dan memulai ngeblog dari smartphone. 

    Apa Kelebihan Blogger Dari Yang Lainnya?

    Hal yang menjadi pertimbangan kalian untuk membuat website berbasis blog ini melalui blogger adalah kelebihannya. Berikut kelebihan dari platfrom blogger ini.

    Layanan 100% Gratis

    Banyak platfrom yang menyediakan layanan website building, dan mereka memasang tarif disetiap fitur premiumnya, bahkan ada yang membayar untuk membuat websitenya. Pada blogspot ini, kalian tidak dipungut biaya sepeserpun, bahkan semua fiturnya bisa kalian gunakan tanpa harus membayar.

    Gratis Sub Domain Dan Bisa Costum Domain Dengan Gratis

    Tidak semua platfrom pembuat website memasukan fitur perubahan domain kesub domain secara gratis. Ini karena meraka juga ingin mengiklankan platfrom mereka secara gratis. Namun pada blogger ini kalian bisa merubah sub domain ke domain secara gratis, bahkan sangat dianjurkan.

    Jika kalian tidak memiliki dana untuk membeli domain, kalian bisa menggunakan sub domain yang disediakan secara gratis juga. Sangat membantu sekali bukan untuk para blog pemula.

    SEO Friendly

    Bukan hanya semua fitur yang gratis saja yang diberikan oleh blogger ini. CMS ini juga sudah mendukung penerapan SEO yang optimal. Bahkan sudah banyak situs-situs yang masuk pada halaman pertama di Google yang dibuat dari platfrom CMS ini. Ditambah lagi ini merupakan milik dari Google yang menjadi search engine terbesar, pasti produknya tidak akan disia-siakan bukan?

    User Friendly

    Selain kemudahan dalam optimasi SEO, platfrom CMS yang satu ini jugaa ramah pengguna. Kalian bisa dengan mudah menggunakan blogger tanpa harus belajar coding dan lainnya. Sehingga platfrom ini sangat cocok untuk kalian pemula sampai dengan yang sudah mahir.

    Keamanan Data Terjamin

    Google LCC sebagai pemilik dari platfrom CMS, tentu sudah tidak diragukan lagi tentang keamanan datanya. Server yang terjaga rapi dan tertata baik, menjadi keunggulan platfrom yang satu ini. Jadi jangan takut soal keamanan datanya.

    Dapat Monetisasi

    Jika kalian membuat konten, pasti kalian ingin konten kalian dihargai bukan. Dengan blogger ini, kalian bisa mendapatkan penghasilan. Kalian cukup daftarkan pada Google Adsense dan penghasilan akan mengalir.

    Namun, penghasilan itu akan datang jika pengunjung dari blog kalian sudah banyak. Karena sudah pasti pengiklan ingin iklannya dilihat oleh orang sehingga produknya dikenal banyak orang. Jadi tanpa pengunjung kalian tidak akan mendapat bayaran dari Google Adsense.

    Apa Kekurangan Dari Blogger?

    Setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan bukan? Sama dengan platfrom CMS yang satu ini. Blogger juga memiliki kekurangan dalam layanan gratisnya. Berikut kekurangan dari blogger.

    Tidak tersedia Plugin

    Berbeda dengan saingannya, wordpress. Blogger tidak memiliki plugin, hanya memiliki widget, itupun sangat terbatas dalam penggunaannya.

    Mungkin saja saat pengembangannya esok hari, Google akan menyediakan plugin yang bisa membantu para pemain web blog dalam mengembangkan SEO dan juga penulisan artikel, sebagaimana yang ada pada wordpress.

    Templat Bawaan Yang Kurang

    Banyak platfrom CMS yang menyediakan banyak sekali templat bawaan yang menarik, seperti halnya strikingly. Pada blogger ini sangat disayangkan, templat yang disediakan tidak menarik dan sedikit. Namun, kalian bisa membelinya dipara pembuat tempat, seperti sora template, dan lainnya.

    Itulah artikel dari seconds.id terkait dengan pertanyaan Blogger.com adalah situs untuk membuat apa? Serta pertanyaan-pertanyaan lainnya terkait dengan blogger.