Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Financial Freedom

    Cara Mencapai Dan Manfaat Financial Freedom



     

    Financial freedom atau kebebasan keuangan salah satu impian bagi semua orang. Financial freedom adalah dimana dapat mengambil keputusan apapun tanpa perlu mengkhawatirkan keuangan, bebas menggunakannya untuk apapun yang dinginkan.

    Sederhananya, financial freedom adalah suatu tahap dimana seseorang telah mempunyai passive income yang cukup bahkan lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dimasa sekarang ataupun masa mendatang. Dengan keadaan ini kita tidak akan cemas memikirkan kondisi keuangan, everything is more than enough.


    Cara Menggapai Financial Freedom

    1. Kondisi Financial

    Dasar dari financial freedom adalah memahami kondisi keuangan saat ini, kenali kondisi keuangan saat ini apakah pendapatan yang diperoleh sudah mencukupi semua kebutuhan atau tidak. 

    Apabila pendatapan belum mencukupi, karena pengeluaran biaya hidup terlalu banyak. Maka harus melakukan evaluasi atau koreksi. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan boros, uang tersebut dapat digunakan untuk menabung ataupun investasi.   

    2. Tujuan Keuangan

    Setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan saat ini. Membuat tujuan jangka panjang kemana arah yang akan ditentukan, karena setiap orang memiliki tujuan keuangan dan arahnya sendiri. Karena jika tidak memiliki tujuan keuangan yang pasti akan menjadi sulit mengelola keuangan sehingga financial freedom akan sulit tercapai. 

    Baca Juga: 


    3. Investasi

    Uang yang dimiliki di kemudian hari pasti akan berkurang karena adanya pengaruh dari inflasi. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan investasi. Dengan adanya berbagai investasi yang dimiliki memungkinkan untuk mencapai financial freedom.

    Banyak sekali instrumen yang dapat dipilih, mulai dari investasi Emas, Deposito, Saham, Reksadana hingga Properti. Sebelum menentukan pilihan, perlu diketahui dan mempelajari dari masing-masing instrumen tersebut. Tentukan langkah apa yang akan diambil instrumen invetasi jangka pendek atau jangka panjang.

    4. Hutang

    Mempunyai banyak hutang akan sangat menghambat dalam mencapai financial freedom. Kondisi dikarenakan oleh pembayaran hutang yang dimasukan kedalam anggaran bulanan atau pengeluaran bulanan. Pertimbangan melunasi hutang yang dimiliki agar tidak berpengaruh terhadap anggaran bulanan. 

    Dengan melunasi hutang akan memiliki pondasi yang kuat, dengan pondasi yang kuat juga akan membantu untuk membangun kondisi financial freedom yang lebih baik.   


    Manfaat dari Financial Freedom

    Setelah mengetahui cara menggapainya selanjutnya tentu saja manfaat dari financial freedom.

    1. Independen Secara Financial

    dengan pondasi yang kuat secara financial tidak akan lagi bergantung kepada keluarga, teman atau sampai mencari pinjaman ke bank atau yang lagi viral pinjaman online untuk urusan financial. Dengan financial freedom dapat memungkinkan untuk memutus rantai sandwich generation yaitu situasi yang mengharuskan seseorang membiayai kebutuhan dirinya sendiri, orang tua dan juga anaknya.

    2. Kebutuhan Terpenuhi

    Setiap individu pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, dengan tercapainya financial freedom Tidak perlu lagi mengkhawatirkan, adanya kebutuhan yang tidak bisa tercapai. Disinilah salah satu tanda kenikmatan hasil dari kerja keras selama ini. Setelah menggapainya kemampuan daya beli juga akan meningkat sehingga tidak perlu lagi berpikir berkali-kali setiap menginginkan seuatu. Menikmati hasilnya gapai impiannya.


    3. Hobi

    Setelah tercapainya financial freedom kita dapat menyalurkan hobi yang kita sukai. Sesuatu yang mungkin selama ini belum dapat tercapai karena sibuk bekerja. Tentu saja untuk hal-hal yang baik dan bahkan dapat meningkatkan keuangan kita. 

    Misalkan selama ini fokus bekerja hingga lupa waktu untuk menjalankan apa yang disukai seperti bermusik & berwisata. Dengan terpenuhinya financial freedom tidak perlu lagi mengkhawatirkan semua itu dengan adanya waktu yang luang, bebas untuk mengatur jadwal sesuai yang dinginkan.


    Financial freedom adalah masa depan harus digapai untuk kehidupan yang lebih baik. Tidak ada kata terlambat selama mau berubah dalam mengatur keuangan, mulai menabung & berinvestasi untuk masa depan.