Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asuransi Sosial Dan Manfaatnya

     

    Ini Informasi Terkait Asuransi Sosial dan Manfaatnya Serta Jenisnya

     

    Banyak produk yang akan orang beli setiap saatnya dengan berbagai macam tujuan. Salah satu produk pilihan banyak orang ada pada asuransi. Cara ini dapat memberikan perlindungan dan jaminan akan berbagai macam hal. Jadi, tidak hanya melindungi dari segi kesehatan saja. Bahkan, ada asuransi sosial dan manfaatnya yang kurang familiar bagi orang-orang.

    Sistem asuransi yang satu ini mempunyai sedikit perbedaan dengan jenis komersial sehingga sering membuat banyak orang merasa bingung. Intinya, jika asuransi komersial siap memberikan keuntungan untuk para pemegang polis. Maka, asuransi sosial merupakan jenis wajib dimana tidak ada profit yang dapat diperoleh secara perorangan. Gunanya untuk kesejahteraan masyarakat juga.

    Ini Asuransi Sosial dan Manfaatnya

    Untuk mengerti lebih banyak terkait dengan asuransi sosial, Anda harus tahu definisinya jauh lebih dulu. Jadi, asuransi sosial merupakan bentuk perlindungan yang diberikan oleh pemerintah. Masih dengan tujuan yang sama dengan asuransi komersial. Kehadiran asuransi sosial ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Semua warga akan mendapatkan jaminan atau juga perlindungan sosial.

    Walaupun berasal dari pemerintah, bukan berarti produk asuransi ini tidak membutuhkan biaya sama sekali. Anda tetap harus membayar premi setiap bulannya ke pemerintah. Namun, jumlahnya sangat kecil dan menyesuaikan dengan anggaran. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam pilihan pelayanan atau kamar rawat inap sesuai dengan kondisi keuangan sendiri.

    Asuransi sosial juga berbeda dengan jenis lainnya karena mempunyai perlindungan dan juga santunan merata. Hal ini bergantung pada kemampuan untuk mengelola program dan tidak sama dengan asuransi komersial. Dengan asuransi komersial, santunan yang diberikan mempunyai nilai yang sangat besar untuk tertanggung. Ada asuransi jiwa dan juga jenis lainnya berupa ganti rugi.

    3 Jenis Asuransi Sosial

    Setelah tahu informasi yang berkaitan dengan asuransi sosial dan manfaatnya. Maka, Anda juga harus tahu beberapa jenis asuransinya di negara. Dengan langsung melihat jenis yang diberikan, jauh lebih mudah untuk mengenali asuransi ini. Ada berbagai jenis tersedia untuk dimanfaatkan juga. Anda perlu membaca daftar asuransi yang wajib dimiliki milenial untuk memilih produk ini.

    1.    BPJS kesehatan

    Bagian dari asuransi sosial yang paling banyak pengguna adalah BPJS Kesehatan. Program ini masuk dalam sistem jaminan sosial nasional. Berbagai macam penyakit yang ada pada masyarakat dapat diobati menggunakan program ini. Anda akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan memilih rumah sakit kerjasama saja. Bahkan, obat yang diberikan juga gratis hingga berbagai macam terapi.

    2.    BPJS Ketenagakerjaan

    Jenis lainnya dalam pelayanan sosial adalah BPJS ketenagakerjaan. Asuransi ini memberikan jangkauan yang luas dan tidak hanya fokus pada para pekerja kantoran saja. Perlindungan juga diberikan kepada para pekerja lepas. Jadi, tukang ojek dan juga pedagang hingga nelayan dan petani akan mendapatkan pelayanan hingga uang tunai seperti tanggungan asuransi.

    3.    Jasa Raharja

    Bentuk asuransi sosial lainnya adalah Jasa Raharja yang diberikan untuk jaminan korban kecelakaan lalu lintas. Jasa Raharja adalah bentuk perlindungan yang mengelola asuransi untuk setiap pengguna jalan. Layanan ini adalah milik BUMN dan akan memberikan santunan atau ganti rugi.

    Itulah hal sederhana terkait dengan asuransi sosial dan manfaatnya yang harus Anda ketahui. Dengan memahami informasi seperti ini, Anda tidak akan kesulitan dalam memilih produk. Perlindungan sosial ini sangat penting dan harga preminya juga rendah. Apalagi berguna untuk orang yang mempunyai daftar penyakit yang wajib memiliki asuransi. Daftar Asuransi Untuk Milenial Yang Wajib Dimiliki.