Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Untuk Pensiunan

    Siapkan Dari Sekarang, Ini 4 Cara Menabung untuk Pensiunan yang Wajib Dicoba


    Apa itu Dana Pensiun dan Cara mempersiapkannya


    Pernahkah berpikir jika setelah bekerja kemudian pensiun apa yang akan dilakukan? Atau bagaimana jika setelah pensiun masih tetap mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja keras lagi. Jika sudah terpikirkan, berarti belum terlambat menyesal, pensiun kamu tidak akan sia-sia.

    Hal pertama harus dilakukan adalah menyisihkan penghasilan dari mulai sekarang. Hal tersebut bertujuan untuk menabung dana pensiun. Bagi yang masih penasaran, berikut ini 4 cara menabung untuk pensiunan yang wajib dicoba dari mulai sekarang.

    4 Cara Menabung untuk Pensiunan yang Wajib Dicoba dari Mulai Sekarang

    Saat masa pensiunan datang, namun tetap ingin mempunyai penghasilan tanpa harus kerja keras lagi, maka mulai lah untuk menabung dari sekarang. Nantinya hasil tabungan tersebut bisa digunakan untuk modal membuat usaha atau diinvestasikan agar nilai uangnya senantiasa bertambah dari waktu ke waktunya. Namun meski demikian, terdapat cara khusus untuk menabung pensiunan. Berikut ini 4 cara menabung untuk pensiunan yang wajib dicoba dari mulai sekarang.

    Mulai Menabung dari Sekarang dan Jangan Ditunda-tunda

    Bagi yang ingin menabung pensiunan, cara yang harus dilakukan pertama kali adalah mulailah menabung dari sekarang dan jangan ditunda-tunda. Setidaknya sisihkan uang penghasilan untuk menabung yakni di kisaran 10 sampai 20 persen setiap bulannya atau bisa juga menabung 50 ribu per hari untuk menabung pensiun.

    Susun Budget Sesuai dengan Kemampuan

    Selain itu, menyusun budget sesuai dengan kemampuan menjadi cara kedua bagi yang ingin menabung pensiun. Dengan menyusun budget, maka harus perlu hidup hemat. Untuk menjalankannya cukup hitung penghasilan serta pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setelah itu jumlahkan sisa dari itu bisa digunakan untuk menabung dana pensiun.

    Potong Pengeluaran yang Tidak Perlu

    Memotong pengeluaran yang tidak perlu menjadi salah satu cara untuk menabung pensiun. Dengan menjalani hidup hemat serta tidak berlebihan, maka dana pensiun pun akan segera terkumpul. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah jika mempunyai biaya hangout yang tinggi, maka bisa dipotong dan disesuaikan saja. Selain itu, jika tidak terlalu perlu membutuhkan suatu barang, maka lebih baik jangan membelinya.

    Punya Usaha Lain

    Terakhir, cara untuk menabung pensiun adalah dengan mempunyai usaha lain. Penghasilan yang didapatkan sendiri tidak harus dari pekerjaan. Misalnya bisa memulai usaha kecil-kecilan agar bisa menambah pemasukan lebih. Nantinya penghasilan tersebut bisa ditabungkan untuk menambah dana atau tabungan pensiun.

    Agar hitungan akurat, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi penghitungan pemasukan dan pengeluaran. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka tidak perlu repot-repot membuat dalam satu buku catatan, cukup dengan telepon genggam, data pengeluaran dan pemasukan pun akan terlihat jelas. Dengan begitu, maka uang yang akan ditabungkan untuk dana pensiun pun bisa diketahui dengan jelas pula.

    Selain menabung pensiunan, ada baiknya juga mengikuti berbagai macam asuransi. Hal tersebut bertujuan agar kehidupan di masa yang akan datang tetap terjamin tanpa harus khawatir memikirkan biaya tersebut.  Misalnya saja asuransi bisnis. Saat mengikuti asuransi bisnis, pastikan juga agar mengetahui pentingnya memilih asuransi bisnis, terlebih bagi yang ingin menggunakan tabungan pensiunan untuk membuka atau membuat bisnis, maka pemilihan asuransi tersebut sangat penting. Itulah 4 cara menabung untuk pensiunan yang wajib dicoba dari mulai sekarang. Daftar Asuransi Untuk Milenial Yang Wajib Dimiliki.