Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bitcoin Turun, Menunggu Keputusan The Fed Minggu Depan

     

    Bitcoin dan mata uang kripto yang lain menurun di hari Jumat karena asset digital terus diperjualbelikan dalam range yang cukup ketat, dengan pasar menunggu keputusan Federasi Reserve pekan kedepan sebagai titik ketidakjelasan.

    Harga Bitcoin turun lebih dari 2% sepanjang 24 jam  terakhir menjadi di harga $39.000. Bitcoin terus diperjualbelikan dalam range yang relatif ketat disekitaran tingkat $ 40.000 tapi tidak konstan, jatuh ke tingkat $ 38.000 dalam sekian hari paling akhir dan beralih tangan $ 43.000 satu minggu lalu.

    "Volatilitas harga di pasar bitcoin selama beberapa minggu terakhir sebagian besar dapat dikaitkan dengan korelasinya dengan aset berisiko lainnya," kata Joe Haggenmiller, kepala pasar di perusahaan perdagangan kripto XBTO Grup. "Meskipun meningkatnya ketidakpastian di semua pasar aset berisiko, bagaimanapun, bitcoin baru-baru ini bertahan relatif stabil dalam kisaran $ 38.000 hingga 41.000."

    Bitcoin dan asset digital yang lain berdasar teori harus diperjualbelikan secara mandiri dari pasar keuangan, tapi mereka sudah bisa dibuktikan berkorelasi dengan asset resiko yang lain seperti saham, khususnya saham tehnologi. Nasdaq Composite yang penuh teknologi index sudah alami tahun 2022 dan siap untuk tutup awalnya 4 bulan terjelek untuk setahun semenjak 1973 di hari Jumat.

    "Ketidakpastian makro telah mendorong semua aset berisiko turun selama beberapa bulan terakhir, termasuk bitcoin," kata Haggenmiller, "sebagai reaksi terhadap konflik di Ukraina, masalah rantai pasokan karena meningkatnya kasus Covid-19 di China, dan kenaikan suku bunga yang sedang berlangsung. dan intrik neraca masa depan oleh Federal Reserve."

    Ether turun lebih rendah, token yang menyokong jaringan blockchain Ethereum turun 2,5% jadi di bawah $2,900; itu diperjualbelikan dengan tinggi $3.150 Kamis kemarin.

    Kripto yang lebih kecil atau "altcoin," bahkan turun lebih dalam. Luna kehilangan 7% sementara solana dan cardano ke-2 nya turun 4%. "Memecoins"— disebut begitu karena sebelumnya ditujukan sebagai gurauan internet dibanding project blockchain yang signifikan ikut turun juga, karena shiba inu kehilangan 4% dan dogecoin turun 3%.

    Peraturan moneter dari bank sentra AS menjulang tinggi di dunia crypto dan pasar saham. Komite Pasar Terbuka Federasi, the fed akan bertemu pekan kedepan dan diprediksi akan meningkatkan suku bunga 1/2 point yang lumayan besar.

    Peningkatan suku bunga dan harapan jika Fed akan kurangi pemilikan obligasi akan tingkatkan biaya utang, kurangi keinginan ekonomi dan mengakibatkan imbal hasil obligasi bertambah. Saat imbal hasil obligasi naik, investor hadapi dengan matematika yang bisa dibuktikan susah untuk asset beresiko seperti saham dan kripto: Hasil lebih tinggi kurangi pengembalian extra relatif pada obligasi yang diharap pedagang dari ambil taruhan yang lebih beresiko.

    "Peningkatan yang lebih tinggi dari 50 basis poin, menyimpang dari konsensus saat ini, dapat menyebabkan penurunan di pasar berisiko termasuk bitcoin," kata Haggenmiller. Peluang ada pertanda dari Ketua Fed Jerome Powell jika bank sentra akan bergerak lebih agresif untuk mengetatkan peraturan moneter yang diprediksi pasar bisa mengakibatkan tindakan jual pekan kedepan.


    Baca Juga: