Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

48+ Soal OSN Ekonomi SMA 2025: Apa Penyebab Krisis Keuangan Global 2008?

Featured Image

Penyebab Krisis Keuangan Global Tahun 2008

Artikel ini menyajikan 50 contoh soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk mata pelajaran Ekonomi jenjang SMA tahun 2025, lengkap beserta kunci jawabannya untuk membantu proses belajar. OSN merupakan sebuah ajang bergengsi di bidang sains yang secara rutin diselenggarakan bagi para peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA/MAK atau yang sederajat. Kompetisi ini bertujuan menggali dan mengembangkan bakat serta minat siswa dalam bidang sains melalui seleksi akademik yang ketat dan menantang.

Untuk jenjang SD dan SMP sederajat, terdapat tiga mata pelajaran utama yang diperlombakan, yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara itu, pada tingkat SMA/SMK dan yang sederajat, OSN mencakup sembilan mata pelajaran berbeda, antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Khusus dalam artikel ini, fokus diberikan pada mata pelajaran Ekonomi yang diujikan pada tingkat Kabupaten/Kota untuk OSN SMA tahun 2025.

Soal-soal yang tersedia merupakan kumpulan dari seleksi tahun sebelumnya, yang dirilis secara resmi oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), sehingga dapat dijadikan referensi yang relevan. Materi ini sangat bermanfaat bagi para guru, wali murid, maupun siswa yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ajang OSN, khususnya di bidang Ekonomi. Dengan mempelajari contoh soal beserta kunci jawabannya, peserta dapat melatih kemampuan analisis, pemahaman konsep ekonomi, dan strategi menjawab soal kompetisi akademik. Diharapkan, latihan dari soal-soal ini dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam mengantarkan siswa meraih prestasi di tingkat OSN SMA tahun 2025.

Contoh Soal dan Jawaban

  1. Manakah dari pernyataan berikut yang benar tentang risiko investasi?
  2. A. Semakin tinggi risiko, semakin rendah potensi keuntungan
  3. B. Semakin rendah risiko, semakin rendah potensi keuntungan
  4. C. Semakin tinggi risiko, semakin tinggi potensi keuntungan
  5. D. Risiko tidak memiliki korelasi dengan potensi keuntungan
  6. E. Risiko tidak perlu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan investasi Kunci Jawaban: C

  7. Apa yang dimaksud dengan diversifikasi dalam investasi?

  8. A. Menginvestasikan semua dana ke dalam satu jenis aset saja
  9. B. Menginvestasikan dana ke dalam berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko
  10. C. Mengambil risiko yang tinggi untuk memperoleh keuntungan yang besar
  11. D. Menarik semua investasi saat pasar sedang tidak stabil
  12. E. Mengabaikan faktor risiko dalam pengambilan keputusan investasi Kunci Jawaban: B

  13. Dalam kondisi resesi, Bank Sentral akan melakukan kebijakan moneter....., dengan instrument

  14. A. Kontraksioner, menaikkan suku bunga, menaikkan cadangan bank, menjual surat berharga
  15. B. Ekspansioner, menurunkan suku bunga, menaikkan cadangan bank, menjual surat berharga
  16. C. Kontraksioner, menaikkan suku bunga, menurunkan cadangan bank, menjual surat berharga
  17. D. Ekspansioner, menurunkan suku bunga, menurunkan cadangan bank, membeli surat berharga
  18. E. Kontraksioner, menaikkan suku bunga, menaikkan cadangan bank, membeli surat berharga Kunci Jawaban: D

  19. Tugas Bank Indonesia yang kini dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah ...

  20. A. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter
  21. B. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran
  22. C. Mengatur dan mengawasi bank
  23. D. Penyedia dana terakhir (lender of the last resort)
  24. E. Menerima tabungan dan deposito Kunci Jawaban: C

  25. Fungsi permintaan ikan kakap merah di Pulau Natuna qd = 20 + 4p. Saat air laut pasang dan pilihan alternatif ikan jenis lain mudah didapat, maka jumlah permintaan ikan kakap merah mengalami penurunan dari 400 kg menjadi 300 kg berdasarkan data diatas, maka jenis elastisitas permintaan ikan kakap merah di Pulau Natuna adalah ...

  26. A. 1,33
  27. B. 1,25
  28. C. 1
  29. D. 0,7
  30. E. 0,75 Kunci Jawaban: E

  31. Kebijakan menilai mata uang sendiri terhadap nilai mata uang asing disebut kebijakan ...

  32. A. Revaluasi
  33. B. Pasar terbuka
  34. C. Diskonto
  35. D. Cadangan kas
  36. E. Kredit selektif Kunci Jawaban: A

  37. A decrease in quantity demanded caused by an increase in price represented by a ...

  38. A. movement up and to the left along the demand curve
  39. B. leftward shift of the demand curve
  40. C. rightward shift of the demand curve
  41. D. movement down and to the right along the demand curve
  42. E. there is no movement on the demand curve Kunci Jawaban: A

  43. Penyebab krisis keuangan global tahun 2008 adalah ...

  44. A. Hancurnya mata uang negara-negara Asia
  45. B. Pandemi yang melanda di seluruh dunia
  46. C. Harga minyak dunia yang melonjak naik
  47. D. Runtuhnya kredit perumahan di Amerika Serikat
  48. E. Perang yang melanda di Eropa Kunci Jawaban: D

  49. Diketahui suatu fungsi permintaan dinyatakan dengan Qd = 50.000 – 3P dan fungsi penawaran Qs = -20.000 + 5P, pemerintah menetapkan pajak sebesar Rp500,00 per unit. Berdasarkan data tersebut harga keseimbangan setelah pajak ...

  50. A. 8.750
  51. B. 9.062,5
  52. C. 22.812,5
  53. D. 23.750
  54. E. 30.000 Kunci Jawaban: B

  55. Berikut merupakan tugas dan wewenang Bank Indonesia untuk mencapai tujuan dan memelihara nilai rupiah:

    • 1) Menetapkan kebijakan moneter
    • 2) Mengatur dan mengawasi bank
    • 3) Mengatur kelancaran sistem pembayaran
    • 4) Menetapkan sasaran moneter dan laju inflasi
    • 5) Menetapkan penggunaan alat/instrument pembayaran yang bukan merupakan wewenang Bank Indonesia adalah nomor
    • A. 1 dan 3
    • B. 2 dan 4
    • C. 2 dan 5
    • D. 3 dan 5
    • E. 1 dan 4 Kunci Jawaban: C

Pemahaman Konsep Ekonomi

Soal-soal ini mencakup berbagai topik penting dalam ekonomi seperti risiko investasi, diversifikasi, kebijakan moneter, fungsi permintaan dan penawaran, serta penyebab krisis keuangan global tahun 2008. Dengan memahami konsep-konsep ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang dinamika ekonomi dan bagaimana berbagai faktor saling terkait dalam memengaruhi pasar dan kebijakan ekonomi. Latihan soal seperti ini juga membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan analitis dan kritis, yang sangat penting dalam menghadapi kompetisi akademik seperti OSN.