Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?

     

    Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?

    Apa Itu Landing Page Dan Ciri Ciri Landing Page - Kalian pasti sudah pernah mendengar landing page. Namun apakah kalian tau apa itu landing page? Dan apa yang menjadi ciri-ciri landing page?

    Pada kesempatan ini kami akan menjawab seputar dari pertanyaan tentang pengertiam, bentuk, ciri-ciri hingga contoh dari landing page itu sendiri. Oke, untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

    Apa Itu Landing Page?

    Pengertian landing page adalah sebuah halaman pada website yang dirancang khusus untuk keperluan marketing. halaman pada situs inilah yang dilihat oleh visitor atau pengungjung website kita dari mesin pencari ataupun dari iklan-iklan, baik itu dari iklan Google, Facebook dan platfrom lainnya.

    Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?

    Beda Landing Page dengan Homepage

    Perpedaan landing page dengan homepage dapat dilihat secara tampilannya. Pada landing page kalian tidak akan menemukan link lainnya selain link action, dimana link ini bisa berupa pengumpulan data, transaksi dan lainnya. Sedangkan untuk homepage memiliki tampilan yang menarik dan memiliki banyak link, sehingga visitor dengan mudah mengunjungi seluruh isi website kalian.

    JIka dilihat secara tata letak pada search engine sebagai contoh Google Search Engine, kalian akan melihat pada bagian awal terletak paid search results atau yang lebih dikenal dengan Google Ads. Lalu dibawanya kalian akan melihat fitured snippets dan organic search results.

    Untuk mendapatkan posisi fitured snippets dan organic search results dihalaman pertama, cukup sulit. Kalian harus mengerti tentang SEO, baik itu SEO internal atau yang dikenal dengan SILO (Struktur Internal Link Optimization) dan juga SEO Off Page. Namun tidak untuk paid search results, kalian hanya harus membayar iklan untuk menduduki posisi itu.

    Karena posisi itu membayar, tentu hal yang ingin kalian dapatkan adalah action bukan? Jadi sudah sangat jelas kalian akan membuat sebuah halaman yang terfokus pada action itu. Sehingga saat pengunjung mengklik iklan dari Google, visitor ini akan melakukan action yang kalian maksudkan. Entah itu pembelian ataupun pendaftaran.

    Sebagai gambaran, anggap saja website adalah sebuah rumah, maka homepage disini adalah halaman depan. Karena wajah bentuk, warna dan dekorasi lainnya terlihat diwajah sebuah rumah. Lalu kalian ibasa ibaratkan sebuah landing page adalah ruangan tertentu, karena ruang tertentu memiliki fungsi yang spesifik bukan?

    Ciri Ciri Landing Page

    JIka tadi sudah membahas terkait dengan perbedaannya, maka dapat kita simpulkan bahwa ciri-ciri dari landing page adalah:

    • Memiliki tujuan action baik berupa transaksi, pengumpulan data dan lainnya.
    • Menciptakan rasa ingin melakukan pembelian ataupun lainnya terhadap pengunjung website.
    • Memberikan informasi barang tertentu ataupun informasi tertentu saja.
    • Mengajak pengunjung website untuk melakukan action, baik itu membeli, mengisi formulir, ataupun lainnya.

    Fungsi Landing Page

    Pada dasarnya, landing page memiliki dua fungsi yang sering digunakan oleh web developernya. Yang pertama adalah sebagai pengumpul data visitor. Data ini sangat berguna untuk menentukan nilai sebuah barang dalam menganalisa market share, dan apakah visitor ini akan membeli barang atau jasa pada waktu yang mendatang.

    Yang kedua sebagai halaman transaksi barang tertentu. Untuk tujan yang kedua ini, biasanya halaman landing page tidak akan memiliki menu navigasi lainnya selain link membeli. Sebagai kata lain, halaman ini bener-benar terfokus pada mendorong visitor untuk melakukan transaksi pada barang yang diiklankan saja.

    Jenis Dari Landing Page

    Pada umumnya Landing page terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah Lead Genetation Landing Page atau biasa dikenal dengan Lead Gen atau Lead Capture Pages. Dan yang kedua adalah Click-Through Landing Page. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

    Lead Generation Landing Page (Lead Gen atau Lead Capture Pages)

    Jenis ini berfungsi sebagai halaman pengumpul data para calon pembeli. Pada umumnya halaman ini berisikan kumpulan from-from yang meminta nama, alamat email dan nomor telpone. Data ini kemudian disimpan untuk digunakan sebagai market share atau promosi pada masa mendatang. 

    Lewat alamt email dan juga nomor telpone ini lah para pembisnis mengirimkan promisi, konten dan lainnya. Konsep ini biasa dikenal dengan sebutan Marketing B2B (Business-to-Business). Konsep marketing ini juga sering digunakan oleh para pelaku bisnis dengan produk atau jasa berbiaya tinggi.

    Click-Trough Landing Page

    Jenis ini biasanya digunakan untuk menerapkan konsep Marketing B2C (Business-to-Consumer). Halaman pada jenis ini menekankan pada sebuah tombol sederhana yang mengarahkan untuk pembelian. Biasa bertuliskan "beli sekarang". Halaman ini mendorong para visitor untuk melakukan pembelian diwebsite tersebut. Dan biasanya tidak ada tombol navigasi yang disediakan.

    Contoh Landing Page

    Setelah kita mengetahui pengertian, ciri ciri serta jenis dari landing page, saatnya kita melihat beberapa contoh dari landing page. Agar kalian bisa meniru atau membuatnya. Berikut beberapa contoh dari Landing Page

    Neil Patel

    Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?

    Neil Patel adalah seorang marketer yang memiliki nama di dunia market. Dalam Entreprenuer Magazie, nama Neil Patel masuk dalam 100 perusahaan brilian, bahkan ia pun merupakan 100 pengusaha sukses dalam katagori usia dibawah 30 tahun oleh Presiden Amerika Barack Obama. Lalu dia juga masuk dalam 100 pengusaha sukses dalam katagori dibawah 35 tahun oleh PBB.

    Dengan basic yang baik dalam metode marketing ini, pada sebuah websitenya terdapat sebuah landing page jenis Lead Generation Landing Page. Dia menggiring para pengungjung websitenya untuk mengisikan kolom email. Data email inilah yang digunakan untuk memberikan berbagai tips dan juga insight dari pelanggannya.

    Airbnb

    Apa Itu Landing Page? Dan Apa Ciri Ciri Landing Page?

    Airbnb memulai bisnisnya sebagai broker properti, dimana dia merupakan perantara antara pemilik properti dan para pencari properti. Namun baru-baru ini, Airbnb mulai menambah layanan baru yang mengarah pada bidang parawisata.

    Konsep dari landing page yang digunakan adalah Clik-Trough Landing Page. Kalian akan melihat tombol Get Started pada bagian muka. Untuk menarik perhatiannya mereka menambahkan from untuk mengecek estimasi dari penyewaan properti yang akan disewakan. Hal yang menarik bukan?

    Itulah Pengertian Landing Page dan Ciri Ciri Landing Page yang seconds.id bisa berikan. Jika kalian ingin membuat landing page kalian bisa membaca Cara Membuat Landing Page Di Blogspot.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan landing page. Jika kalian ada pertanyaan terkait artikel ini kalian bisa tuliskan pada kolom komentar. Terima Kasih.