Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel Pilar Yang Baik Dan Benar

    Cara Membuat Artikel Pilar
    Cara Membuat Artikel Pilar 

    Artikel Pilar - Sebagai pembuat web blog, kalian dituntut harus menulis artikel dengan baik. Namun membuat sebuah artikel dengan baik belum cukup. Kalian juga dituntut harus bisa membuat artikel yang ramah terhadap mesin pencari. Salah satunya adalah artikel pilar.

    Dengan membuat sebuah artikel pilar, blog kalian bisa mendapatkan peringat satu di Google dengan mudah. Tentu ini akan mendatangkan pengunjung organik.

    Namun bagaimana cara membuat artikel pilar tersebut? Untuk itu Kalian harus mengetahui cara membuat artikel pilar yang SEO Friendly. Artikel yang mengikuti algoritma mesin pencari, terutama Google.

    Pada artikel ini, kami akan memberikan Cara membuat artikel pilar yang baik dan benar. Serta tips membuat artikel yang SEO Friendly. Kalian juga bisa belajar dari beberapa contoh artikel SEO Friendly. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut.

    Cara Membuat artikel Pilar Yang SEO Friendly

    Berikut 13 tips yang bisa kalian gunakan untuk membuat artikel pilar secara SEO Friendly yang baik dan benar agar bisa mendapatkan posisi terbaik di Google:

    Cari Dan Gunakan Keyword Yang Tepat

    Hal yang pertama kali harus kalian lakukan adalah dengan meriset keyword yang tepat. Maksudnya adalah keyword yang memiliki trafik namun dengan persaingan yang kecil dan sesuai dengan apa yang dibahas dalam blog kalian.

    Dengan keyword yang memiliki trafik artinya kata kunci itu masih digunakan oleh orang dalam pencarian di Search Console terutama Google. Jadi, jika kalian menulis tentang keyword tersebut, pasti akan memiliki potensi dicari oleh orang. Dan dengan posisi yang baik di Google, membuat artikel kalian dikunjungi.

    Keyword atau yang dikenal dengan kata kunci, memliki tingkat persaingan. Kalian bisa memulai dengan tingkat persaingan yang kecil, sehingga kalian bisa dengan mudah menduduki posisi terbaik di Search Engine. Karena bisanya kata kunci dengan persaingan kecil, belum banyak artikel yang membahas kata kunci tersebut.

    Untuk meriset kata kunci jenis ini, kalian bisa membaca artikel "Pengertian Keyword Golden Ratio Dan Cara Merisetnya".

    Pilihlah keyword goldeng ratio yang sesuai dengan topik blog kalian. Dengan begini, pengunjung blog akan terbantu oleh artikel kalian, dan ini juga akan membuat blog kalian semakin dikenal.

    Kalian bisa meriset dengan tools gratis ataupun berbayar. Untuk jenis dan penggunaan tools riset keyword kalian bisa membaca "10 Tools Riset Keyword Gratis Dan Mudah Digunakana".

    Pilih Dan Pahami Inten Dari Pengunjung

    Inten merupakan informasi yang dicari oleh pengguna saat mencari kata kunci tertentu. Pada artikel SEO, hal ini sangat diperlukan. Kalian harus memperhatikan inten dari pengunjung. Karena intent ini merupakan faktor penilaian dalam SERP Google. Ini karena, intent yang tepat dianggap oleh mesin pencari dapat menjawab apa yang dibutuhkan pengunjung.

    Inten ini bisa kalian dapatkan pada Google Search Engine dibagian "Orang Juga Bertanya" dan juga pada bagian "Pencarian Terkait". Kalian bisa menjadikan semua itu sebagai sub judul ataupun membuat artikel dengan kata kunci ini sebagai artikel pembantu.

    Perhatikan Struktur Artikel

    Struktur artikel sangat penting dan perlu diperhatikan. Karena struktur artikel membantu robot dari mesin pencari memahami maksud dari artikel yang kalian buat. Selain itu struktur artikel juga membantu pengunjung memahami isi artikel kalian.

    Secara garis besar, struktur artikel terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

    • Prolog (Pembuka): Ini merupakan bagian awal artikel. Pada bagian ini kalian bisa menjelaskan secara garis besar ini artikel.
    • Isi Artikel: Ini merupakan bagian utama dari artikel. Usahakan pada bagian ini jelaskan secara terperinci.
    • Epilog (Kesimpulan): Ini merupakan bagian kesimpulan dan juga bagian penutup. Pada bagian ini kalian bisa menarik kesimpulan dari isi artikel.

    Penuliasn Judul

    Penulisan judul pada artikel sangat berpengaruh. Karena yang pertama kali adalah judul. Kalian harus memasukan kata kunci pada bagian judul. Atau kalian bisa juga memasukan kata pengganti dari keyword yang kalian bidik. Namun untuk penggunaan kata pengganti, kalian membutuhkan backlink untuk menekankan kata kunci yang dimaksud.

    Penulisan Bagian Pembuka

    Untuk membuat artikel yang SEO Friendly selanjutnya cara penulisan, terutama pada bagian depan atau pembuka. Pada dasarnya mesin mencari membaca artikel sama dengan manusia, yaitu dari kira atas ke kanan bawah. Jadi pastikan pada bagian kiri atas terdapat kata kunci yang dimaksud.

    Jika memungkinkan, masukan link home page pada bagian kata kuci di awal paragraf pertama. Ini bertujuan untuk menapatkan Page Authority dari home page web blog kita.

     

    Selain itu kalian juga harus bisa memberikan jawaban dari kata kunci yang dicari. Jika pada paragraf pembuka tidak sesuai dengan apa yang mereka cari, besar kemungkinan pengunjung akan pergi. Ini akan membuat web blog kalian terlihat jelek dimata mesin pencari.

    Jelaskan Kata Kunci Turunan Pada Sub Judul

    Pada tahap ke-2 kami menjelaskan tentang memahami intent dan bagaimana mendapatkannya. Jadi kalian bisa menjelaskan secara singkat pada paragraf tersebut. Kalian cukup menjelaskannya secara singkat saja namun benar-benar menjawab apa yang dicari oleh pembaca.

    Buatlah Artikel Pembantu Dari Kata Kunci Turunan

    Setelah kalian membuat paragraf singkat pada sub judul. Saatnya kalian membuat artikel pembantu. Artikel pembantu ini sama dengan artikel pilar, namun isinya berbeda. Pada artikel pembantu ini berisikan penjelasan secara terperinci dari kata kunci turunan. Sehingga kalian dianggap ahli dalam kata kunci utama.

    Link terkait antar artikel sangat penting, karena ini bersangkutan dengan SILO (Struktir Internal Link Optimization). Dengan penggunaan SILO yang baik, membuat mesin pencari memahami struktur dari web blog kalian. Sehingga kalian bisa dianggap ahli dalam satu pembahasan.

    Penambahan Gambar Atau Konten Visual Di Awal Artikel Sub Judul

    Penggunaan gambar atau bisa disebur dengan konten visual merupakan hal yang baik, karena dapat membantu para pembaca kalian memahami isi dari artikel secara garis bersar. Kalian wajib memberikan diawal dan juga pada seriap sub judul. Agar pembaca memahami secara baik isi artikel dan isi dari sub judul.

    Optimalkan Gambar

    Tidak hanyaa artikel saja yang harus dioptimakan, melainkan juga gambar. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pengoptimalan gambar ini. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan:

    Format File: Pilihlah jenis file gambar yang kecil, ini bertujuan agar tidak menggangu kecepatan web blog kalian. Untuk saat ini jenis file terbaik menurut kami adalah webp.

    Nama File: Gunakan nama file dengan kata kunci yang kalian bidik. Karena robot mesin pencari Google juga membaca nama file yang digunakan.

    Title Gambar: Title gambar atau judul gambar merupakan teks yang muncul ketika korsur diarahkan pada gambar. Hal penting dalam pengoptimalan gambar. Karena title ini menjadi teks yang dilihat oleh mesin pencari juga dilihat oleh pembaca kalian. Jadi pastikan kata kunci yang kalian bidik ada dalam title ini.

    ALT Gambar: ALT Gambar atau alternatif gambar merupakan teks yang muncul ketika gambar gagal dimuat. Tentu ini juga menjadi penilaian mesin pencari. Jadi pastikan juga keyword yang kalian bidik masuk pada ALT ini.

    Pengoptimalan Panjang Artikel

    Jika kalian menggunakan yoast sudah pasti minimal jumlah kata adalah 300. Namun, lebih baik gunakan minimal 1.000 kata. Karena dengan memanjangkan artikel kaliian bisa mendapatkan 2 keuntungan.

    Yang pertama, kalian bisa memasukan keyword serta keyword turunan pada paragraf dengan baik dan rapih. Sehingga artikel kalian mudah dipahami dan dimengerti mesin pencari terutama Google.

    Yang kedua, kalian bisa memasukan penjelasan yang lebih banyak dan juga terperinci. Ini akan berdampak pada lamanya pembaca bertahan diartikel kalian. Tentu ini juga akan berdampak pada SEO web blog kalian.

    Penggunaan Tag Artikel

    Tag pada artikel juga sangat penting dalam dunia SEO. Bahkan beberapa media besar bisa masuk posisi yang baik dalam mesin pencari. Kalian bisa memasukan kata kunci pada tag. Penggunaan tag ini berkaitan langsung dalam konsep SILO. Jadi hati-hati dalam pembuatan tag. Jika salah struktur web blog kalian bisa rusak.

    Konsisten Dalam Posting Artikel

    Hal yang terakhir adalah konsistenitas kalian dalam membuat dan memposting artikel. Dengan kalian konsiten dalam membuat dan memposting artikel akan memudahkan web blog kalian dicrawl dan diindex oleh robot Google.

    Robot Google dirancang semirip mungkin dengan manusia. Sehingga ketika kalian konsisten dalam membuat dan memposting artikel, secara otomatis robot Google akan datang pada web kalian secara terjadwal. Selain itu web blog kalian tidak dianggap mati.

    Jadi mulalilah menjadwal dalam pembuatan dan memposting artikel. Agar web blog kalian bisa dioptimasi secara baik oleh mesin pesin pencari.

    Sebenarnya masih banyak cara mengoptimasikan artikel dan pembuatan Artikel pilar. Namun tahapan yang penting sudah kami berikan. Selebihnya kalian bisa mengembangakan atau mencari pada sumber lainnya.

    Semoga tips yang seconds.id  berikan bermanfaat untuk kalian dalam membuat Artikel Pilar